Tim Satgas penanganan Covid-19 Puskesmas Bojong Nangka saat melakukan rapid antigen kepada warga.

TANGERANG-
Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Puskesmas Bojong Nangka, Kabupaten Tangerang menggelar pengecekan Covid-19 melalui rapid antigen secara door to door ke rumah warga yang berada di Perumahan Dasana Indah, Kelurahan Bojong Nangka, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Selasa, (18/5/2021).
Pemeriksaan yang dilakukan oleh pihak Puskesmas Bojong Nangka tersebut dilakukan untuk mendeteksi penyebaran dan paparan virus, serta mengantisipasi terjadinya klaster pemudik.
Kepala Puskesmas Bojong Nangka, dr Mardiyati mengatakan, dalam melakukan pemeriksaan terhadap warga Bojong Nangka tersebut, pihaknya menyiapkan 300 alatrapid antigen yang nantinya akan dilakukan pemeriksaan kepada masyarakat secara acak.
“Kita siapkan alatnya dan dipilih secara acak lokasinya, sementara untuk sasaran warga, kita akan koordinasi dengan RT dan RW, kaitan siapa saja yang mudik,” katanya.
Menurutnya, langkah door to door tersebut juga dilakukan, karena banyak masyarakat yang enggan melakukan pemeriksaan pengecekan Covid-19.
“Kalau kita tunggu di posko atau sebagainya, belum tentu mereka mau datang. Jadi langkahnya kita yang datangi door to door,” ujarnya.
Dari pemeriksaan yang sudah dilakukan, lanjut dia, sejauh ini baru sekitar delapan orang yang menjalani pemeriksaan dengan hasil negatif. Sementara bila terdapat hasil positif, maka pihaknya akan langsung membawa yang bersangkutan untuk menjalani pemeriksaan dan isolasi mandiri.
“Sejauh ini negatif dan tentu kita harap seluruhnya sehat, serta tidak terpapar virus,” ucapnya.
Sementara itu, Wawan salah satu warga yang melakukan kegiatan mudik ke kampung halamannya di Jawa Barat mengaku bahwa dirinya harus pulang kampung untuk menemani orang tuanya.
“Hal yang mendorong saya untuk harus pulang kampung, ya karena orang tua. Namun, saya juga ikuti pemerintah dengan mau melakukan tes antigen dan Alhamdulillah hasilnya negatif,” ungkapnya.
Sementara, untuk di Puskesmas Bojong Nangka, pemeriksaan secara door to door itu akan dilakukan hingga dua hari kedepan dengan prioritas kawasan zona merah dan banyaknya warga yang melakukan mudik.(ICA/shd)